Selasa, 10 Januari 2023

Cara Mengatasi Laptop Hang tidak Bergerak paling Efektif

Cara mengatasi laptop hang tidak bergerak tentu saja sangat perlu diketahui supaya bisa menemukan solusi yang pas apabila mengalami kejadian demikian. Laptop hang dan tidak tidak bergerak akan mengganggu kinerja yang ada sehingga perlu dilakukan perbaikan sesegera mungkin. Namun tentu saja sebelum melakukan perbaikan perlu diketahui terlebih dahulu Apa saja penyebab laptop menjadi hang supaya bisa menemukan solusi yang terbaik dan pencegahan apabila memungkinkan. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan secara lebih rinci penyebab dan cara mengatasi laptop yang hang dan tidak bergerak. Perlu diketahui bahwa ada banyak kemungkinan penyebab dari laptop yang kondisinya hang dan tidak bergerak. Adapun beberapa kemungkinan yang dimaksud adalah pertama RAM yang penuh. Pada dasarnya memori memegang peranan penting terhadap kinerja sebuah laptop. Jangan sampai memori laptop terlalu penuh karena bisa mengganggu kinerjanya. Kemungkinan penyebab yang kedua adalah hardisk yang bermasalah. Bagai mana ketahui harddisk juga sangat penting pada sebuah laptop karena turut mempengaruhi performa laptop.

Memang sangat menyebalkan ketika Kinerja laptop yang lambat dan mulai lemot sangat cukup mengganggu sekali, bahkan untuk keperluan yang penting bener-bener bikin kesel. Di saat pandemi Covid-19 seperti ini hampir semua kegiatan belajar, kerja, hingga usaha sangat membutuhkan penggunaan laptop. Saat laptop kalian mulai lemot, jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan laptop baru. Karena masih ada beberapa cara mengatasi laptop lemot yang mungkin saja akan membantu. Sebelum ulas masalah laptop yang kinerjanya mulai lemot, tidak ada salahnya untuk membuka lebih dahulu kemungkinan-kemungkinan penyebab dari laptop yang mulai melambat. 1. Performa laptop terlalu suram yang disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan dan akan aktif pada saat laptop dihidupkan. 2. Kapasitas hard disk sudah terlalu penuh menjadikan kinerja laptop menjadi lebih terbebani. 3. Hard disk yang su dah lama atau melemah akan menyebabkan performa laptop menjadi lebih lemot. 4. Banyaknya temporary files yang memakan ruang hard disk dan menjadikan laptop lebih lambat. 5. Terdapat program yang cukup berat yang tidak disupport oleh processor laptop sehingga menjadi sangat lemot.

Selain itu, jika kapasitas hard disk sudah terlalu penuh juga membuat kinerja laptop jadi lebih berat. Saat mengerjakan sesuatu, kamu mungkin cenderung membuka banyak tab untuk mengakses banyak situs sekaligus. Nah, aktivitas ini bisa membuat RAM terbebani dan tak jarang membuat laptop lemot. Add-ons memang berguna untuk menambah fungsi web browser yang kamu gunakan. Akan tetapi, jika jumlahnya terlalu banyak akan membuat browser terbebani dan saat internetan, laptop menjadi lebih lemot. Perbaruan sistem operasi (OS) berguna untuk memperbaiki berbagai kekurangan yang terdapat pada laptop. Jika kamu jarang melakukan update, bisa saja menyebabkan laptop menjadi lemot. Apakah kamu sudah tahu kira-kira me ngapa laptopmu lemot? Setelah mengetahui penyebab laptop lemot, kamu bisa mulai mencari solusi yang paling cocok dengan penyebab utamanya. Berikut beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa kamu coba. Untuk mengatasi laptop lemot karena banyaknya program start up yang berjalan, kamu bisa mematikan beberapa program tersebut. Caranya, ketikkan msconfig pada menu start.

Laptop anda tiba-tiba lemot? Jadi sebenarnya apa penyebab laptop lemot? Oke jadi kenapa laptop lemot itu bisa disebabkan oleh beberapa hal. Di postingan kali ini kita akan mengulas mengenai penyebab komputer/laptop anda lemot, dan cara mengatasi laptop lemot. Ada apa saja di artikel ini? Semakin lama kita menggunakan computer/laptop pada umumnya akan membuat laptop menjadi semakin lemot. Terkena virus - Kebiasaan menancapkan flashdisk dari sumber lain sering menjadi penyebab utama laptop menjadi lemot, beberapa virus yang terbawa dalam flashdisk tersebut kemudian segera bekerja dan menguasai resource laptop an da. Membuat request yang tidak perlu ke sistem dan membuat kecepatan laptop anda menurun. Selain dari flashdisk, virus juga dapat menular dari website yang menyediakan download ilegal maupun materi pornografi, jadi yang suka buka situs bokep, biasanya laptopnya banyak virusnya. Terlalu banyak file sampah - semakin sering kita mengakses internet, melakukan pekerjaan di laptop, maka semakin banyak file sampah yang menumpuk. File ini antara lain cache, cookies, history, saved password, temporary files dari interaksi kita di internet.

Setelah PC mati, nyalakan kembali dan segera masuk ke BIOS. Cara masuk ke menu BIOS dapat dilakukan dengan menekan tombol F12, F11, F8 atau tombol lain sesuai dengan tipe PC kamu. Karena masuk ke menu BIOS setiap PC berbeda-beda. Setelah itu pilih menu Advanced BIOS Features, kemudian cari BIOS Cache lalu disable. Jika sudah, simpan dan klik Enter. Coba nyalakan kembali PC kamu. Cara ini dapat digunakan sebagai salah satu tips mengatasi laptop freeze . Tips selanjutnya untuk mengatasi PC freeze adalah dengan End Task Window. Del. Selanjutnya kamu akan masuk ke Task Manager. Lalu tekan End Task pada program yang menghabiskan sumber daya CPU dan pemakaian RAM tinggi. Jika cara ini telah dilakukan, maka PC akan kembali berjalan normal. Apabila masih freeze maka masalah bukan pada programnya, tetapi PC yang tidak sanggup menjalankan program. Freeze tidak hanya terjadi saat sudah masuk ke Windows, namun juga dapat terjadi saat PC baru pertama kali dinyalakan. Cara mengatasi laptop freeze selanjutnya yaitu dengan Scan registry menggunakan CCleaner atau scan menggunakan antivirus. Jika masih freeze mungkin RAM PC kotor. Bersihkan dengan menggunakan penghapus karet. Jika masih freeze juga maka masalah terjadi pada motherboard. Apabila motherboard rusak maka salah satu caranya adalah dengan membeli PC baru. Salah satu penyebab PC freeze adalah adanya virus pada PC. Virus dapat muncul dari flashdisk yang sering dicolokkan ke PC atau downl oad file berasal dari sumber yang tidak diketahui. Jika virus sudah menyebar di PC, maka akan mengakibatkan PC menjadi freeze. Tips untuk mengatasi laptop freeze ini adalah dengan memasang antivirus dan melakukan scanning untuk menemukan keberadaan virus lalu menghapusnya. Cara di atas dapat dilakukan sebagai langkah awal untuk mengatasi laptop yang mengalami freeze. Jika cara di atas belum berhasil, maka dengan memeriksakan hardware laptop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar